Woensdag 22 Mei 2013

Teknologi Pendukung Media Komunikasi
Media Pendukung Komunikasi-Komputer
Sejarah Perkembangan Komputer
 Kumpulan teknologi yang semakin canggih, memberikan kontribusi di berbagai bidang, dari mulai bidang ekonomi, sosial, politik dan bidang yang lainnya. dalam hal ini bukan hanya bidang yang secara umum saja seperti yang disebutkan diatas, akan tetapi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi lebih mutakhir lagi. Ini ditandai dengan munculnya komuputer sebagai teknologi yang paling utama yang banyak digunakan pada saat ini.
Komputer pertama ada pada tahun 1946, dan pada saat itu komputer belum memiliki nama yang dikenal sekarang sebagai komputer. Komputer pertama bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrated And Calculator). Komponen-komponen komputer ini saat itu sangat berbeda sekali dengan komponen-komponen komputer yang ada seperti sekarang. ENIAC memiliki bobot sekitar 30 ton, panjang 30 m sedangkan tingginya 2,4 m. Dengan ukuran yang jumbo ini maka ia tentu membutuhkan catu daya yang sangat besar, yaitu sekitar 174 Kw. Sehingga sangat jarang sekali seseorang memiliki ENIAC ini, karena fungsinya juga pada saat itu adalah untuk pertahanan suatu negara, khususnya negara Amerika sebagai pencetusnya. Adapun perkembangan komputer dari tahun ketahun:
     
Ø  Pada tahun 1948 dibuat komputer IBM Selective Sequence Elec Calculator (SSEC).
Ø  Pada tahun 1953 IBM memproduksi IBM 701 yang merupakan komputer komersial.
Ø Tahun 1956 dibuat IBM RAMAL 305, merupakan komputer pertama yang memungkinkan file disimpan di dalam disk.
Ø Tahun 1959 IBM terus berkembang yakni IBM 705 dan IBM 701, pada tahun inilah sebagai awal dari periodesasi perkembangan komputer. Periodesasi itu yakni:
a.       Gelombang pertama
Pada gelombang pertama ini, komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (Vacum Tube) untuk sirkuitnya. Tabung hampa udara ini berfungsi sebagai aliran listrik.
b.     Gelombang kedua
- Muncul inovasi baru dari komputer yakni menggunakan transistor. Transistor ini berfungsi sebagai pendingin, sehingga komputer dalam suhu yang tinggi tidak berdampak pada kerusakan pada komponen-komponenya. Selain itu transistor juga berfungsi sebagai penguat sinyal. Kemudian ukuran komputer menjadi lebih kecil.
-    Pada tahun 1960 muncul IBM 1401 yang diterima secara luas di masyarakat.
- Tahun 1963 perusahaan DEL muncul, perusahaan ini memproduksi komputer PDP-5 lalu diikuti PDP-8.
c.       Gelombang ketiga
-  Komputer sudah menggunakan IC (Integrated Circuit), melalui IC ini komponen-komponen dapat diintegrasikan.
-     Pada tahun 1964 IBM menciptakan S/360
-      Tahun 1968 perusahan Data General Corporation mengembangkan komputer mini 16-bit.
d.       Gelombang keempat
-    Diawali pada tahun 1970, pada saat itu komputer menggunkan Large Scale Integration (LSI) yang memadatkan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip.
-       Pada tahun 1971, muncul TRS model 80 dengan prosesor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunkan 64 Kb RAM standar.
-         Kemudian pada tahun yang sama muncul Apple II-e.
-        Tahun 1980, LSI dikembangkan menjadi VLSI
 -     Tahun 1981 IBM memproduksi Personal Computer yang menggunakan OS MS-DOS 16 bit. Yang kemudian pada saat sekarang berkembang Pentium I, Pentium II, Pentium III dll.

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking