Woensdag 22 Mei 2013

   Satelit adalah sesuatu yang mengorbit sebuah planet atau bintang. Misalnya, Bumi adalah satelit karena mengorbit matahari. Demikian juga, bulan adalah satelit karena mengorbit ke Bumi. Biasanya, kata "satelit" mengacu pada mesin yang diluncurkan ke ruang angkasa dan bergerak di sekitar Bumi.
Satelit merupakan alat elektronik yang mengorbit di bumi dan mampu bertahan sendiri.Dapat diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi, ditranslasikan frekuensinya, kemuadian diperkuat untuk dipancarkan kembali ke arah bumi sesuai dengan coverage-nya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima. Dalam komunikasi GEO (merupakan sistem komunikasi satelit yang paling banyak), posisi satelit adalah sekitar 36.000 km diatas bumi.
   Rute dimana satelit berjalan disebut orbit. Dalam orbit terdapat dua istilah, yaitu apogee (titik terjauh dengan bumi) dan perigee (titik terdekat dengan bumi). Satelit datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun sebagian besar memiliki setidaknya dua bagian yang sama - antena dan sumber daya. Antena mengirim dan menerima informasi ke dan dari Bumi. Sumber daya didapat dari panel surya atau baterai. Panel surya membuat tenaga dengan mengubah sinar matahari menjadi listrik. Banyak satelit dipasangi kamera dan sensor ilmiah, kadang-kadang titik instrumen menuju Bumi untuk mengumpulkan informasi tentang, udara tanah dan air. Lain kali mereka dihadapkan ke arah ruang untuk mengumpulkan data dari sistem tata surya dan alam semesta.
Sumber : http://satelliteline.blogspot.com/2011/07/definisi-satelit.html

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking