Donderdag 16 Mei 2013

Sejarah perkembangan teknologi terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan Memori Aiding Stage, Pictorial Era Periode, Ideographic Stage, dan Phonetic Stage. Pada zaman-zaman itulah perkembangan teknologi dari yang sederhana menjadi teknologi yang mutakhir. Perkembangan teknologi diawali dengan bahasa isyarat.
a.      Memori Aiding Stage
Pada zaman ini manusia masih mengandalkan hutan sebagai sumber makanan. Mereka memanfaatkan gua-gua sebagai tempat tinggal mereka. Kehidupan sosialnya pun masih berkelompok yakni belum mencapai tingkatan sosial. Cara berkomunikasi mereka hanya sebatas antar kelompok sesamanya saja dan umumnya mereka masih belum menggunakan bahasa verbal yakni masih menggunakan bahasa isyarat.
b.      Pictorial Era Periode
Tentunya komunikasi yang mereka gunakan lebih baik dari pada zaman Memori Aiding Stage. Mereka sudah mengenal bahasa verbal sehingga komunikasi yang mereka gunakan sudah meluas sampai pada kelompok-kelompok lain yang berbeda golongan. Pada zaman ini mereka sudah mengenal seni. Salah satu seni yang paling khas adalah kesenian tulisan yang menggunakan media kulit hewan.
c.       Idiographic Stage
Pada era ini masyarakat sudah mengenal sistem bangunan dan sistem pengairan. Selain itu sistem pertanian sudah mulai di gerakkan. Masyarakat pada era ini sudah tidak tinggal di gua-gua atau di atas pohon lagi, tetapi mereka sudah tinggal di rumah-rumah. Sistem kemasyarakatan yang baik mencerminkan sistem komunikasi yang berjalan juga baik. Sehingga komunikasi antar sesame pada era ini sudah berjalan dengan baik.
Merekapun kini memiliki alat bantu visual, yakni alat bantu visual mereka berupa huruf. Sehingaa pada era itu dikenal dengan istilah huruf ideogram yakni satu bentuk huruf yang didalamnya mencakup pengertian ide.
d.      Phonetic Stage
Tentu setiap perkembangan zaman akan semakin lebih baik lagi teknologi yang digunakan. Sepertihalnya pada era ini, alat bantu komunikasi yang digunakan semakin sempurna  sehingga memudahkan proses komunikasi manusia. Pada era ini manusia sudah dapat menyusun hurup, maka pada masa ini dikenal dengan istilah Alphabet, yakni susunan simbol atau tanda yang menggambarkan unsure suara pribadi seseorang.

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking