Woensdag 15 Mei 2013


Bulat-bulat bukan kue cucur, bolong tengahnya bukan dunkin donuts itulah si kue Jali-jali. Lumuran gula merah encer memadati permukaan kue kering ini, ditambah dengan parutan kelapa bertabur diatasnya. Dimana lagi jika tidak didapat di kota batik, jajanan nikmat nan murah berbentuk seperti donat ini.
Banyak orang Jawa mengenali kue yang satu ini. Kue ini memiliki rasa yang unik dari kue yang lainnya. Cita rasa yang diberikan mampu membuat orang ketagihan dan tentunya sangat lezat. Hanya dengan dua ribu rupiah saja rasa manis padatan gula merahnya dan asinnya taburan kelapa parutnya memberikan cita rasa tersendiri. Kini jajanan itu tidak hanya ditemukan di Jawa Tengah saja, tetapi di Jawa Barat sudah merakyat. Seperti kue yang ada di Kota Bandung ini, namun nama yang diberikan dari kue tersebut bukan Jali-jali lagi, di Kota Bandung kue ini diberi nama kue Gemblong. Di kota Bandung ini, ukuran kuenya lebih kecil sehingga harganyapun lebih murah, yakni hanya seribu rupiah saja per kue nya kue bisa langsung dicicipi. Di Bangung kue ini bisa di jumpai di pasar tradisional Ujung Berung. Setiap pukul enam pagi kue ini sudah siap untuk dijual, dan kerap kali habis setiap harinya.
Tak jarang jajanan yang sekaligus cemilan ini di distribusikan di pasar-pasar tradisional, artinya pasti setiap pasar tradisional terdapat makanan tradisional ini. Dengan rupanya yang sederhana dan harganya yang terjangkau membuat kue ini tetap lestari di pasaran. Namun di era yang semakin modern ini, telah banyak bermunculan kue-kue baru yang penampilannya cukup menarik perhatian. Dan ini akan menjadi saingan tersendiri bagi pemasok kue tradisional di Indonesia. Tingkat kreatifitas tentu akan mengalahkan kue-kue tradisional ini, sehingga ini harus menjadi pembicaraan yang di perhatikan. Karena kue-kue tradisional yang lainnya pun bisa tidak lestarai lagi. Dalam hal ini, dapat diartikan bagaimana agar kue tradisional dan kue-kue keluaran baru menjadi seimbang sehingga kue tradisional tetap lestari.

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking