Donderdag 23 Mei 2013

Sejarah Media Online
Media Online di Indonesia kebanyakan lahir pada saat jatuh-nya pemerintahan Suharto di tahun 1998, dimana alternatif media dan breaking news menjadi komoditi yang di cari banyak pembaca.
Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada tampilan apa adanya detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan pengguna internet Indonesia.
Media online di Indonesia diawali oleh detik.com . Detik.com lahir Juni 1998, saat Soeharto dilengserkan. Dulu media massa headline sama persis karena masih dikontrol pemerintahan pada zaman itu dan harus ikut permerintahan itu semua. Tahun 1994, internet sudah masuk ke Indonesia. Yang pertama ada akra.com, dia yang membuat detik.com, kompas.com,dll. Awalnya kompas.com isi berita dan kontennya sama seperti di koran harian kompas, hanya memindahkan saja. Itu berbanding terbalik dengan detik.com yang benar-benar beritanya online tanpa ada korannya.
Detik.com berisi breakingnews. Saat itu pemberitaan di detik.com berbeda dengan pemberitaan di media massa lainnya, disana membahas apa yang terjadi di belakang/behind the scene. Saat itu detik.com bersaing dengan kompas.com, dan sampai saat ini detik.com yang merajai berita online. Dan pertama kali yang ada iklan onlina adalah detik.com. tapi perlu diketahui bahwa para pendiri detik.com adalah orang-orang yang tidak paham IT, dan tidak ada proggramer yang ahli. Akan tetapi ada astaga.com yang saat itu bertujuan untuk mengalahkan detik.com. astaga.com diprakasai oleh desi anwar. Saat itu astaga.com benar-benar mencari cara untuk mengalahkan detik.com, banyak programmer detik.com yang di ambil dan bekerja di astaga.com dengan gaji 3 kali lipat. Akan tetapi, saat krisis moneter, dolar naik dan rupiah turun, dan akhirnya disanalah astaga.com mulai redup. Karena semua pembayaran astaga.com adalah dengan uang dollar. Dan untuk saat ini media online terus berkembang pesat dan penuh persaingan.
                   http://edukasi.kompasiana.com/2013/02/14/udah-tau-sejarah-media-online-di-indonesia--534112.html

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking