RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok Bahasan : Benda Padat, Benda Cair, dan Gas
Sub, Pokok Bahasan : Sifat-sifat Benda
Padat, Cair dan Gas
Kelas / Semester : III / I
Hari / Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 x 35 (1 x Pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
B. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda
padat, cair, dan gas.
C. INDIKATOR
Membandingkan sifat benda padat, cair dan gas.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran selesai siswa dapat :
1.
Menjelaskan 2 sifat benda padat
dengan benar.
2.
Menjelaskan 2 sifat benda cair
dengan benar.
3.
Memberikan 2 contoh perbedaan
sifat benda dengan benar.
4.
Membuktikan 2 sifat gas melalui
percobaan dengan benar.
E. MATERI PELAJARAN
1. Pokok-pokok Materi
a.
Sifat benda padat : memiliki
bentuk dan volume yang tepat.
b.
Sifat benda cair : bentuk yang
berubah-ubah dan volume yang tepat.
c.
Sifat gas : bentuk dan volume yang
berubah-ubah.
d.
Berdasarkan warnanya, benda dapat
dibedakan menjadi benda yang memiliki warna dan benda tidak berwarna.
e.
Berdasarkan baunya, benda ada yang berbau dan tidak berbau.
|
|
Gb. 2 Bentuk dan sifat benda cair
2. Media dan Sumber
a.
Media
1)
Gambar-gambar model benda padat,
cair dan gas.
2)
Alat-alat untuk eksperimen (benda
di sekitar kelas, air, balon, air susu).
3)
Lingkungan kelas dan sekolah.
b.
Sumber
1)
Silabus SD
kurikulum 2006.
2)
Buku IPA Kelas III dari Pusat
Pembukuan Depdiknas hal. 48 s.d 50.
3)
LKS.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Metode
a.
Ceramah.
b.
Tanya jawab.
c.
Observasi.
d.
Eksperimen.
e.
Diskusi.
f.
Penugasa.
2. Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Pra Kegiatan
Sehari sebelum kegiatan pembelajaran guru dan siswa mempersiapkan bahan
yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, misalnya benda di sekitar
kelas, air, balon, air susu.
b.
Kegiatan Awal (5 menit)
1)
Mengkondisikan kesiapan siswa
dalam kegiatan pembelajaran, melalui :
a)
Berdo’a.
b)
Mengabsen siswa.
2)
Melaksanakan apersepsi
pembelajaran diantaranya :
a)
Sebutkan benda-benda yang ada di
sekitar kelasmu!
b)
Kalian bernapas menghirup apa?
3)
Menyampaikan tujuan dan materi
pembelajaran. Tentang sifat-sifat benda.
c.
Kegiatan Inti (50 menit)
1)
Tes awal / fre test. (5 menit)
2)
Guru memperlihatkan model gambar
wujud dan sifat benda dan siswa diminta untuk memberikan komentarnya melalui
tanya jawab. (5
menit)
3)
Penjelasan singkat tentang materi
pembelajaran tentang sifat-sifat benda. (5 menit)
4)
Siswa diminta untuk menggolongkan
benda-benda yang ada di kelasnya berdasarkan sifat bendanya. (5 menit)
5)
Siswa melakukan pengamatan dan
eksperimen untuk membuktikan sifat masing-masing benda dan hasilnya dilaporkan
dalam diskusi kelas. (25 menit)
6)
Siswa dibimbing untuk menyimpulkan
hasil kegiatan diskusi. (5 menit)
d.
Kegiatan Akhir (15 menit)
1)
Dengan bimbingan guru siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran dan mencatat intisari materi. (5 menit)
2)
Evaluasi untuk mengetahui
keberhasilan pembelajaran. (12 menit)
3)
Pemberian tugas dan tindak lanjut
pembelajaran. (3 menit)
G. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a.
Awal : Tes secara lisan
b.
Proses : Mengamati
keaktifan selama kegiatan pembelajaran dan kegiatan pengamatan berlangsung.
c.
Akhir : Tes hasil belajar
secara tertulis
2. Jenis Tes
a.
Tes lisan.
b.
Tes tertulis.
c.
Tes fartisipasi.
3. Alat Penilaian
Tes secara tertulis
Isilaht itik-titik di bawah ini dengan benar!
a.
Benda terdiri dari ….
b.
Sifat benda padat adalah ….
c.
Sifat benda cair adalah ….
d.
Sifat benda gas adalah ….
e.
Berdasarkan warnanya benda
dibedakan menjadi ….
4. Kunci Jawaban
a.
Benda padat, cair dan gas.
b.
Bentuk dan volume tetap.
c.
Bentuk berubah-uban dan volume
tetap.
d.
Bentuk dan volume berubah-ubah.
5. Kriteria Penilaian
Penilaian hasil belajar disesuaikan dengan :
a.
Setiap jawaban betul nilai 20
b.
Jumlah jawaban betul / jumlah soal
x 100
c.
Jawaban yang kurang tepat
disesuaikan dengan jenis kesalahan.
Mengetahui
Kepala Sekolah
………………………..
NIP. …………………
|
Purwadadi, ………………..
20….
Guru Kelas
OYOK SUKAETI
NIM. 0905228
|
0 opmerkings:
Plaas 'n opmerking