SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: DIRI SENDIRI
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKn
Membiasakan
hidup bergotong royong
|
1.
PKn
Mengenal pentingnya
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
|
·
hidup bergotong royong
|
·
Menjelaskan arti gotong royong
·
Menjelaskan arti hidup rukun
·
Menjelaskan akibat hidup
·
rukun dan tidak rukun
·
Menyebutkan contoh hidup rukun dan manfaatnya
·
Menjelaskan arti hidup saling berbagi dan memberikan contohnya
·
Menjelaskan akibat hidup saling berbagi dan tidak saling berbagi
·
Menjelaskan arti tolong menolong dan memberikan contohnya
|
·
Menjelaskan arti rukun
·
Menyebutkan manfaat saling
berbagi dengan teman.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
3
minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
2. IPS
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
|
2.
IPS
· Memelihara
dokumen dan koleksi benda berharga
miliknya
· Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
|
· penting dalam keluarga secara
kronologis
|
·
Menjelaskan arti dokumen
·
Menyebutkan macam-macam dokumen
·
Menyebutkan macam-macam berdasarkan penggolongan
·
Menjelaskan pentingnya
·
memelihara dokumen
·
Menceritakan cara memelihara dokumen
·
Menjelaskan akibat bila dokumen disimpan dengan baik dan tidak baik
·
Menceritakan peristiwa yang berkesan melalui dokumen (misal : foto)
·
Mendokumentasikan peristiwa-peristiwa
·
Menjelaskan cara menyimpan dokumen dengan baik
|
·
Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·
Menceritakan peristiwa yang berkesan
waktu kecil tentang diri dan keluarga
melalui dokumen.
·
Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
||
3. IPA
Mengenal
bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
|
3.
IPA
·
Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar
rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·
Mengidentifikasi cirri-ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
|
· bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan
|
·
Menyebutkan nama-nama yang ada di sekitar kita
·
Menyebutkan tempat hidup hewan
·
Menyebutkan cara bergerak hewan
·
Menyebutkan makanan hewan
·
Menjelaskan manfaat hewan bagi manusia
·
Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
·
Menggambar hewan dan bagian tubuh hewan secara sederhana
·
Menirukan berbagai macam suara hewan
·
Menyebutkan tumbuhan yang ada di sekitar kita
·
Menyebutkan tempat hidup tumbuhan
·
Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia
·
Menyebutkan bagian-bagian utama tumbuhan
·
Menggambar tumbuhan dan bagian-bagian utama secara sederhana
|
· Mengidentifikasi bagian
utama tubuh hewan di sekitar rumah.
· Mengidentifikasi
bagian utama tumbuhan
· Menjelaskan sifat
benda padat
· Menjelaskan sifat
benda cair
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
||
4.
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
500
|
4.
Matematika
·
Membandingkan bilangan 1 sampai 500
· Mengurutkan bilangan sampai 500
|
· penjumlahan dan
pengurangan
|
·
Membilang
·
Menulis bilangan
·
Menghitung benda
·
Menulis lambang bilangan
·
Membandingkan bilangan
·
Mengurutkan bilangan
·
Mengelompokkan bilangan ganjil dan genap
·
Membilang loncat
·
Menyebutkan dan membedakan
·
bilangan ganjil dan genap
·
Mengurutkan bilangan dari terkecil / terbesar
·
Membilang loncat
|
· Menentukan bilangan
1 samapai 500
· Menentukan bilangan
lebih besar.
·
Menentukan bilangan lebih kecil.
· Membandingkan dua
buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
· Membandingkan
kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·
Menyusun bilangan dari yang terkecil ke
terbesar.
· Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
· Menulis bilangan
dengan benar secara urut dari 1 – 500.
· Menyebutkan
pengertian bilangan genap.
· Menyebutkan
pengertian bilangan ganjil.
·
Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan
ganjil.
· Mengurutkan bilangan
ganjil dari 1 – 21
· Mengurutkan
bilangan genap dari 2 – 20.
|
Tertulis
Perbuatan
Produk
|
||
5. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
· Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan
melalui kegiatan bertanya, bercerita
dan deklamasi.
Membaca
· Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
|
5.
Bahasa Indonesia
· Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
· Mendeskripsikan
isi puisi
·
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan
santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
· Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca.
· Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
· Menulis
kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
|
· teks pendek dan puisi
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan
pengalaman
· teks
pendek
· melengkapi cerita dan dikte.
|
·
Mendengarkan cerita guru
·
Menjawab pertanyaan isi cerita
·
Menceritakan kembali isi cerita
·
Melengkapi kalimat
·
Melakukan percakapan
·
Melakukan tanya jawab
·
Mengajukan pertanyaan
·
Menjawab pertanyaan
·
Membaca teks pendek
·
Menjawab pertanyaan
·
Mengajukan pertanyaan
·
Menyimpulkan isi bacaan
·
Melengkapi kalimat
·
Membuat kalimat
·
Menyalin cerita dengan huruf tegak
bersambung
· Menulis kalimat yang didektekan
guru
|
· Mendengarkan teks
pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
pendek yang dibacakan guru
·
Menceritakan kembali isi
teks bacaan dengan bahasa sendiri.
· Menafsirkan isi
puisi dengan bahasa sendiri
· Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
· Mendeklamasikan
puisi
· Menjelaskan isi
puisi
· Memperagakan
percakapn
·
Membuat percakapan.
· Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
· Mendeklamasikan
puisi dengan
ekspresi yang tepat.
· Membaca teks dengan bersuara.
· Mengajukan
pertanyaan bacaan,
· Menceritakan
kembali isi bacaan.
· Membaca puisi
· menceritakan isi
puisi..
·
Melengkapi cerita
·
Menyusun kalimat menjadi cerita
· Menyalin kalimat
dengan mewnggunakan huruf bersambung.
· Menuliskan kaliamt
yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan
penggunaan huruf capital dan tanda titik.
· Menggunakan huruf
capital dalam kalimat.
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
||
6. Seni
Budaya Keterampilan
· Seni
Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
· Seni
Tari : Mengapresiasi karya seni tari
|
6. Seni Budaya
Keterampilan.
· Mengenal
unsure rupa pada karya seni rupa
· Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
· Mengidentifikasi
gerak alam semesta
|
·
karya seni rupa
· karya seni tari
|
· unsure rupa pada
karya seni rupa
· sikap apresiatif
terhadap unsure rupa
·
gerak alam semesta
|
·
Mengelompokkan berbagai
jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Mengelomplokkan berbbagai
ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan
ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·
Memilih objek benda alam yang menarik.
·
Mengungkapkan perasaan secara lisan
tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan
perpaduannya pada karya seni rupa.
·
Memilih keindahan unsure
rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·
Membedakan gerak angina sepoi-sepoi
dengan gerak angina rebut.
· Menunjukkan
perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
§
|
|
v Karakter siswa
yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
|
0 opmerkings:
Plaas 'n opmerking